Monday, July 4, 2016

Hasil Euro 2016: Prancis vs Islandia

Prancis menang telak 5-2 atas Islandia pada pertandingan perempat final Piala Eropa 2016 di Stade de France, Senin dini hari WIB (4/7/2016).  Lima gol kemenangan Prancis dibuat Olivier Giroud (2), Paul Pogba, Dimitri Payet, dan Antoine Griezmann. Sedangkan dua gol balasan Islandia dibuat Sigþorsson dan Bjarnason.

Hasil ini membawa Prancis lolos ke semifinal. Mereka akan ditantang Jerman yang pada pertandingan sebelumnya mengalahkan Italia lewat adu penalti.

Hampir sepanjang pertandingan Prancis mendominasi laga. Mereka sama sekali tak memberi kesempatan Islandia untuk mengembangkan permainan.

Prancis membuka keunggulan pada menit 12. Matuidi dari tengah lapangan memberikan umpan jauh kepad Giroud, yang langsung meneruskan dengan tendangan keras ke pojok gawang Islandia. 

Gawang Islandia kembali kebobolan pada menit 19. Berawal dari operan Antoine Griezmann, Pogba menyambutnya dengan sundulan terarah.

Les Bleus terus menekan Islandia meski sudah unggul dua gol. Sebaliknya, Islandia yang hanya mengandalkan serangan balik bermain mengandalkan umpan-umpan jauh.

Hingga pertengahan babak pertama permainan masih didominasi Prancis. Tekanan yang dilakukan Pogba dan Griezmann sering merepotkan lini belakang Islandia.
Prancis menambah kemenangan tiga menit jelang babak pertama berakhir. Payet meneruskan bola liar dengan tembakan terarah ke pojok gawang Islandia.

Hanya dua menit berselang Griezmann mencetak gol keempat untuk Prancis.  Babak pertama pun berakhir untuk kemenangan Prancis.



Prancis sedikit memperlambat tempo permainan di babak ini. Meski begitu dua peluang masih diperoleh Payet dan Pogba.

Kondisi ini dimanfaatkan Islandia untuk mengembangkan permainan. Hasilnya, Islandia mampu memperkecil ketinggalan pada menit 56 lewat Sigþorsson memanfaatkan operan Sigurosson.

Prancis langsung merespon dengan cepat perlawanan Islandia. Mereka kembali lebih gencar melakukan serangan.

Pada menit 59 Giroud mencetak gol kedua pada pertandingan ini. Menerima umpan Payet, Giroud sambil membelakangi meneruskan bola dengan tandukan. Prancis unggul 5-1.

Islandia kembali mencoba melepaskan dari tekanan Prancis. Lewat operan pendek mereka berupaya melakukan serangan melalui pemain sayap.

Unggul jauh pelatih Prancis menarik keluar pemain inti.  Giroud diganti Gignac dan  Koscielny ditarik keluar digantikan Mangala.

Pergantian pemain ini sedikit mengubah permainan Prancis. Islandia behasil memanfaatkannya dengan mencetak gol kedua lewat Bjarnason. 


Susunan pemain:

Prancis: Lloris; Sagna, Evra, Koscielny (Mangala), Umtiti,; Matuidi, Payet,  Sissoko , Pogba; Giroud (Gignac), Griezmann

Islandia: Halldorsson; Skulason, R.Sigurdsson, Arnason (Ingason), Saevarsson; Bjanason, G.Sigurdsson, Gunnarsson, Gudmundsson; Sigthorsson, Bodvarsson (Finnbogason)

No comments:

Post a Comment