Wednesday, July 6, 2016

Muncul Pada Halaman Depan Google Search, Apa itu Juno Probe?

Laman pencari atau mesin pencari Google saat ini, Selasa (5/7/2016), memajang Juno Probe sebagai teman artistik Google Doodle. Probe adalah istilah atau sebutan untuk menyebut satelit pemantau, sedangkan Juno adalah istilah untuk menggambarkan Planet Jupiter.

Tema Juno Probe rupanya dipakai Google untuk menyambut misi Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dalam peluncuran satelit yang tak lama lagi akan mencapai Jupiter.

Juno Probe dilaporkan akan mendekati Jupiter dan berada dalam jarak terdekat di sepanjang sejarah pada 4 Juli 2016 ini.

Tech Inside, Senin (4/7/2016), melansir Jika memang Juno berhasil mencapai posisi terdekatnya dengan sang planet raksasa, NASA berharap eksplorasi ini dapat mengubah perspektif umat manusia tentang Tata Surya di alam semesta.

Juno akan mempelajari lapisan atmosfir Jupiter. Setelahnya, para ilmuwan akan mencoba mempelajari ekosistem Jupiter dan menguak apakah planet ini menyimpan “rahasia” lain.

Juno merupakan probe yang ditenagai oleh tiga propellerseluas lapangan basket dan memiliki panel surya sebagai sumber tenaga utamanya. Propeller tersebut berputar tiga kali setiap menit.

Kemampuan propeller Juno mampu membuat probe tersebut mengorbit Jupiter lebih cepat. Meski begitu, para astronom sempat khawatir dengan panel solar yang menyokong propeller Juno.

Pasalnya, cahaya matahari begitu jauh dari Jupiter dan panel solar tersebut pasti hanya menyerap sedikit cahaya. Ini tentu berbeda kasusnya dengan panel tenaga New Horizons, probe yang mengitari Pluto karena mereka ditenagai oleh plutonium.

Probe ini juga memiliki kamera khusus Juno Cam yang mampu mengambil foto-foto dengan resolusi tinggi. Selain itu, salah satu instrumen milik Juno yang disebut JADE (Jovian Auroral Distributions Experiment) yang akan mempelajari fenomena aurora Jupiter yang terjadi belum lama ini.

No comments:

Post a Comment